Selasa, 13 Maret 2012

Konveksi

Tentu kita sudah tau pengertian konveksi. Konveksi adalah salah satu jenis perpindahan kalor dengan adanya perantara dari temperature yang lebih tinggi ke temperature yang lebih rendah.Dengan melakukan simulasi CFD , kita dapat melihat proses perpindahan panas pada temperature yang lebih tinggi ke temperature yang lebih rendah. Maka setting simulasi dimana w1= 100 celcius dan w3= 200 celcius. Diantara w1 dan w3 terdapat w3 sebagai tempat aliran. Maka pada analisa w2, dilakukan input konduktivitas thermal sebesar 0.5. Dari analisa CFD, terdapat 3 zona . yaitu zona w1 , zona w2 dan zona w3.




Terlihat di atas parameter-parameter yang dibutuhkan untuk melakukan computational fluids dynamics.

Setelah itu dilakukan pengecekan ulang apakah kondisi -kondisi yang diinginkan sudah dimasukkan seluruhnya mulia dari sifat-sifat fluidanya, kondisi-kondisi sepadanyya, jenis model yang digunakan. Apabila sudah memenuhi maka dilakukan proses iterasi :
Awalnya dilakukan iterasi sebanyak 500 kali, tetapi masih belum konvergen , dimana masih terlihat perubahan pada pada parameter tekanan , temperature dan energi. Maka dari itu dilakukan iterasi sebanyak 3000 kali.

setelah itu didapatkan hasil kontur yang terlihat di bawah ini :
dan setelah di plot diperoleh grafik seperti di bawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar